Perang Perdagangan Mengancam Pertumbuhan Volume Peti Kemas

Ketidakpastian dan penurunan risiko yang timbul dari kebijakan perdagangan AS yang proteksionis dan ketegangan geopolitik dapat mempengaruhi pertumbuhan volume perdagangan yang terlihat pada Q1 2018, Hutchison Port Holdings Trust percaya.

Kepercayaan bisnis pelabuhan kontainer yang berbasis di Singapura, HPH Trust mengatakan 2018 akan menjadi tahun yang transformatif untuk industri pelayaran global karena pergeseran tren ekonomi dan arus perdagangan dalam hubungannya dengan konsolidasi kepemilikan.

Selain itu, investasi dalam modernisasi dan perluasan fasilitas pelabuhan diperkirakan akan terus mendorong efisiensi dan daya saing secara keseluruhan.

“Jalur pelayaran akan terus mengerahkan mega-kapal untuk mencapai kapasitas dan optimalisasi armada untuk mendorong efisiensi biaya lebih lanjut. Selain itu, fokus telah bergeser dari kinerja pelabuhan ke kinerja rantai pasokan untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi operasional. Lebih lanjut, penekanan yang lebih besar akan ditempatkan pada keamanan di tengah meningkatnya ancaman serangan cyber terhadap perusahaan, ”kata HPH Trust mengacu pada peristiwa yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dalam dua belas bulan ke depan.

Prospek pengiriman kontainer disajikan dalam hasil keuangan Q1 2018 HPH Trust yang menunjukkan perusahaan menyelesaikan kuartal ini dengan peningkatan pendapatan dan throughput.

Laba Meningkat

Secara khusus, laba perusahaan secara keseluruhan meningkat 12,1 persen menjadi HKD 421,3 juta (sekitar USD 53,7 juta) pada kuartal pertama 2018 dari HKD 375,9 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan dan pendapatan lain untuk periode tiga bulan antara Januari dan Maret 2018 mencapai HKD 2,7 miliar, meningkat 3,5 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Terlebih lagi, throughput peti kemas di pelabuhan HPH Trust naik 5 persen pada kuartal pertama tahun ini jika dibandingkan dengan Q1 2017.

Throughput kontainer gabungan Terminal Internasional Hongkong (HIT), Terminal COSCO-HIT (COSCO-HIT) dan Terminal Kontainer Asia (ACT) – secara kolektif HPHT Kwai Tsing – adalah 1 persen di atas tahun lalu, terutama karena peningkatan kargo transshipment.

Selain itu, throughput peti kemas Terminal Kontainer Internasional Yantian (YICT) naik 8,7 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2017, terutama didorong oleh pertumbuhan kargo kosong dan kargo transshipment.