Kerugian Pengiriman Barang Karena Kelebihan Kapasitas

Mempertahankan peningkatan profitabilitas tahun lalu di tahun 2018 mungkin terbukti menantang bagi perusahaan pelayaran kontainer, kata Fitch Ratings.

Fakta bahwa beberapa perusahaan cenderung mengalami kerugian pada tahun 2017 menyoroti kelemahan fundamental sektoral yang terus berlanjut karena kelebihan kapasitas yang terus-menerus, yang dapat merusak pemulihan yang lebih lama, lembaga pemeringkat menjelaskan.

2017 menghasilkan kinerja keuangan yang lebih kuat di seluruh dewan karena tingkat pengangkutan mendukung kenaikan keuangan yang lebih baik meskipun biaya operasional meningkat karena kenaikan harga bahan bakar.

Namun, tidak jelas bahwa tingkat pengangkutan yang lebih tinggi akan dipertahankan, terutama dengan memperhitungkan tingkat kelebihan kapasitas yang cenderung memberikan tekanan lebih lanjut pada operator di tengah kurangnya disiplin kapasitas.

The Shanghai Containerized Freight Index rata-rata 27 persen lebih tinggi pada 2017 daripada tahun 2016. Namun pembacaan rata-rata di 4Q17 lebih rendah dari pada 4Q16. Ini meningkat sedikit di awal 2018, namun tetap lebih rendah rata-rata dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu, kata Fitch Ratings.

Pertumbuhan pasokan diperkirakan sekitar 4 persen pada 2017 dengan percepatan lebih dari 5,5 persen pada 2018, sekali lagi melampaui pertumbuhan permintaan.

“Hal ini dapat menekan tingkat suku bunga dan membuatnya menantang untuk mempertahankan profitabilitas yang dicapai pada 2017,” agensi menambahkan.

Pesanan baru turun pada 2016-2Q17 namun melonjak pada 2H17, termasuk kapal-kapal mega, karena sentimen pasar membaik dengan fokus pada skala dan ukuran kapal. Pada 4Q17 Maersk Line menggunakan opsi untuk dua kapal baru, masing-masing dengan kapasitas 200.000 TEU akan dikirim pada tahun 2019. CMA CGM memesan sembilan 22.000 kapal mega TEU pada bulan September 2017. HMM juga mengumumkan strategi pertumbuhan yang ambisius, yang menargetkan pangsa pasar 5 persen dan menggunakan kapal kontainer ultra-besar.

“Penyebaran kapal mega di jalur perdagangan Eropa-Asia akan terus memberikan kontribusi terhadap kelebihan kapasitas pada rute ini, dan” turun ke bawah “di tempat lain. Kami juga mengharapkan scrapping dan armada yang tidak sesuai pada 2018 karena membaiknya kondisi pasar, sehingga mengurangi kesenjangan antara pertumbuhan bersih dan kapasitas bruto, “Fitch menunjukkan.

Butuh pengelolaan kapasitas

Dalam jangka menengah, konsolidasi lanjutan di sektor ini harus mengarah pada pengelolaan kapasitas yang lebih hati-hati dan mendukung tingkat pengangkutan. Pangsa pasar dari lima perusahaan pelayaran kontainer teratas adalah 45 persen pada 2016 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 57 persen pada 2018.

Namun, tidak ada satu perusahaan pun yang dominan – pangsa pasar pemimpin Maersk Line diperkirakan akan tetap di bawah 20 persen setelah merger dengan Hamburg Sued.

“Kami yakin sebagian besar perusahaan pelayaran kontainer akan terus menganggap posisi pasar mereka bersamaan dengan pengoperasian mega kapal sebagai kunci kesuksesan mereka, yang mungkin akan mendorong M & A dan pesanan kapal baru karena tiga perusahaan teratas berusaha mempertahankan kepemimpinan pasar mereka dan lebih kecil. perusahaan berusaha meningkatkan skala, “lembaga pemeringkat menyimpulkan.