Samudera Shipping Berencana Buang Kapal Tua

Dalam upaya untuk meningkatkan utilisasi asetnya, Jalur Pengiriman Samudera yang berbasis di Singapura mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk membuang enam kapal berbendera Indonesia di armada pelayaran domestiknya di Indonesia.

Perusahaan menginformasikan bahwa kapal yang dimaksud “tidak lagi memberi manfaat ekonomi” karena usianya.

Selain itu, menurut hukum pelayaran Indonesia, Samudera Shipping tidak dapat memperbarui armada di dalam negeri berdasarkan struktur operasinya saat ini. Mandat undang-undang bahwa hanya kapal berbendera Indonesia yang dapat digunakan dalam kegiatan pelayaran domestik dan membatasi pendaftaran kapal tersebut ke perusahaan atau perusahaan Indonesia yang mayoritas dimiliki oleh orang Indonesia.

Oleh karena itu, kelompok tersebut dilarang mendaftarkan kapal berbendera Indonesia tambahan, karena operasinya di Indonesia dimiliki mayoritas oleh kelompok tersebut, Samudera Shipping mengatakan, menambahkan bahwa hal tersebut akan menilai kembali strategi domestik Indonesia “untuk mempertimbangkan peraturan dan persyaratan daerah.”

Selanjutnya, penjualan kapal-kapal ini diharapkan dapat membebaskan perusahaan “sumber daya berharga yang dapat dipindahtangankan ke usaha dan peluang di pasar lain di wilayah ini.”

Rencana tersebut diresmikan sebagai bagian dari laporan keuangan tahunan perusahaan, di mana Samudera Shipping mengatakan bahwa pendapatan untuk tahun fiskal 2016 turun menjadi USD 260,5 juta dari USD 317,7 juta yang terlihat pada tahun keuangan sebelumnya, yang merupakan penurunan 18%, terutama didorong dengan kebangkrutan Hanjin Shipping, dengan siapa Samudera memiliki pengaturan pertukaran slot.

2016 adalah “tahun yang penuh gejolak” karena industri ini melanjutkan perjuangannya dengan angin puyuh yang kuat dari isu-isu yang telah lama ditarik yang berkaitan dengan kelebihan kapasitas yang terus-menerus, perdagangan global yang lemah dan volatilitas tingkat barang.

Perusahaan mendivestasikan empat kapal pada tahun fiskal 2016 dan dua pada kuartal pertama tahun fiskal 2017, yang semuanya ditandai oleh Indonesia, cukup umur dan tidak lagi kompetitif terhadap kapal baru dan lebih efisien yang berada di perairan Indonesia.

“Di tahun depan, prospek pertumbuhan perdagangan global masih relatif teredam, dengan ketidakpastian geopolitik internasional yang berpotensi menimbulkan angin sakal terhadap pertumbuhan ekonomi. Selain itu, masih banyak yang harus dilakukan untuk menjembatani kesenjangan antara penawaran dan permintaan dalam pengiriman kontainer. Kondisi operasi di industri pelayaran kontainer diharapkan bisa sulit, “kata Ketua Eksekutif perusahaan, Masli Mulia.