LENSAINDONESIA.COM : PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) masih berada dalam deretan BUMN terbaik yang tak sekalipun masuk daftar ‘Perusahaan Plat Merah’ yang merugi seperti yang sempat dilansir Kementerian BUMN beberapa waktu lalu.
Sebagai BUMN yang memiliki andil besar dalam mendongkrak pendapatan negara, PT Pelindo kerap menerima penghargaan berskala nasional maupun internasional dari sejumlah lembaga.
Terakhir, penghargaan terhadap BUMN operator terminal di Pelabuhan, yang diterima oleh jajaran PT Pelindo III dari Majalah Business Review. Tak tanggung-tanggung, Pelindo III memborong penghargaan yang diikuti oleh lebih dari 600-an perusahaan multinasional di Indonesia tersebut.
Dalam penghargaan itu, Direktur Utama PT Pelindo III, Djarwo Surjanto meraih penghargaan tertinggi berupa ‘The Best CEO for Green Spirit’.
“Selain Pak Dirut, Pelindo III juga maraih penghargaan lain berupa ‘The Best 5th Non Listed Company’, The Best 2nd Smes Assisted by Participants (UMKM), dan The Best 2nd Human Capital Management,” kata Humas Pelindo III Edi Priyanto, Selasa (8/11/2011).
Dalam acara penganugerahan yang dilakukan pada Jumat (4/11/2011) tersebut, PT Pelindo III meraih empat kategori penghargaan dari 14 kategori dalam anugerah dari Business Review. Penghargaan itu dibagi dalam kepemimpinan, perusahaan, komunikasi perusahaan, kinerja keuangan, manajemen pemasaran, hingga sumber daya manusia. Dalam penyerahan penghargaan Business Review Award 2011 di terima langsung oleh Direktur Keuangan PT Pelindo III, Wahyu Suparyono.
Edi mengemukakan, selama ini, strategi dan kebijakan yang dilakukan manajemen PT Pelindo III adalah dengan pemanfaatan kekuatan yang dimiliki untuk meraih peluang. Diataranya, pengembangan lapangan penumpukan peti kemas, terminal curah kering, terminal multipurpose dan pembentukan beberapa ‘strategic business unit’.
Selaku BUMN operator terminal di pelabuhan, tambah Edi, Pelindo III memiliki peran sebagai penunjang untuk memperlancar kegiatan arus lalu lintas transportasi angkutan laut dan pintu gerbang kegiatan perekonomian di wilayah Indonesia bagian Timur, sehingga PT Pelindo III (Persero) harus meningkatkan performa serta produktivitas.
“Perubahan mindset pola pelayanan kepada pengguna jasa, lebih cepat, efektif dan efisien akan meningkatkan produktivitas di pelabuhan sehingga mendorong kelancaran sistem logistik pelabuhan,” paparnya. rid/LI-08
sumber : http://www.lensaindonesia.com/2011/11/08/pt-pelindo-iii-borong-penghargaan-business-review-2011.html/