PRESS RELEASE :
PELABUHAN TANJUNG PERAK SOSIALISASIKAN PELAYANAN KEPADA PENGGUNA JASA
Surabaya – Dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan pelayanan prima, Pelindo III Cabang Tanjung Perak memberikan pemahaman mengenai Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) kepada para pengguna jasa. Acara yang bertempat di ruang rapat Kalimas Pelabuhan Tanjungan Perak (17/4), dihadiri oleh para pengguna jasa yang terdiri dari perusahaan pelayaran dan perusahaan bongkar muat.
Pada kesempatan tersebut, General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Perak, I Putu Ariawan, juga menyampaikan paparan mengenai progres-progres Pelabuhan Tanjung Perak baik yang sedang maupun yang akan dilakukan. Disampaikan oleh I Putu Ariawan bahwa maksud dari kegiatan ini merupakan persiapan dalam rangka penilaian Pelayanan Publik dan Pelayanan Prima yang diselenggarakan oleh Kemenpan (Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara) dan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) untuk tahun 2012.
Tentunya dukungan dari para pengguna jasa sangat dibutuhkan untuk kesuksesan perlombaan Pelayanan Publik dan Prima ini. “Mohon dukungan dari para pengguna jasa sekalian, marilah kita bersama-sama sebagai satu Paguyuban di PPSA untuk berjuang mendapatkan piagam kemenangan dalam Pelayanan Publik dan Prima ini,” kata I Putu Ariawan.
Selain itu segala progres tentang Pelabuhan Tanjung Perak juga disampaikan oleh I Putu Ariawan sebagaimana dalam sambutannya dia mengatakan, “Kami di tahun 2012 akan segera melakukan beberapa perbaikan, diantaranya terminal penumpang akan direvitalisasi menjadi terminal penumpang modern sekelas bandara, dan telah ditarget di tahun 2013 harus sudah selesai. Kami juga sedang membangun terminal baru Teluk Lamong yang saat ini sedang dalam proses pembangunan, dan targetnya akan beroperasi di awal 2014, ini nantinya yang akan membantu mengurangi kepadatan kapal di Tanjung Perak. Selain itu beberapa hari yang lalu juga telah ditandatangani MoU untuk pengerukan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) antara Pelindo III bersama dengan beberapa konsorsium yang salah satunya adalah Pertamina. Besok tanggal 20 April 2012 Pelindo III Tanjung Perak juga akan menandatangani Surat Perjanjian Pemborongan (SP2) dalam rangka kerja sama dengan PT Rukindo untuk pengerukan kolam di seluruh dermaga Tanjung Perak.”
I Putu Ariawan juga menyampaikan bahwa akan dilakukan juga penguatan dermaga di Jamrud Utara, yang saat ini beberapa gudang juga sedang dan akan dibongkar, diantaranya gudang 106,107 dan 103.
Dalam pertemuan tersebut Deputi General Manager, Bambang Hasbullah juga memberikan sosialisasi tentang pelayanan di PPSA, mulai dari visi, misi, motto dan janji layanan pada PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak, menjelaskan bagaimana Sistem dan Prosedur Pelayanan Dokumen Permintaan jasa kapal dan Bongkar Muat Barang/ Petikemas, apa saja persyaratan dokumennya, serta bagaimana alur proses keluhan pelanggan. Dalam presentasi tersebut juga ditayangkan visualisasi video tentang alur proses pelayanan dokumen Permintaan Jasa kapal dan bongkar muat Barang/ Petikemas di PPSA.
“PPSA merupakan wadah pertemuan antara Pelindo dan Pengguna Jasa, marilah kita sebagai satu paguyuban, bersama-sama mensukseskan rencana Pelindo dan kita juga akan selalu mendukung program Pelindo dalam rangka Peningkatan Pelayanan Prima dan Publik ini. Tetapi kita juga mengharapkan nantinya Pelindo III Tanjung Perak dapat lebih meningkat lagi, baik dari sisi pelayanannya maupun dari segi fasilitasnya”, ungkap salah satu perwakilan dari pengguna jasa.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Humas PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak
Jl. Perak Timur 620 Surabaya
Telephone : 031 3291991-96, ext. 236
Fax : 031 3293994
Email : [email protected]