Dengan tema Sewindu TPKS, Dengan Kebersamaan kita tingkatkan Pelayanan Prima, spanduk besar berada ditengah para pengikut jalan sehat, sekitar 1000 peserta senam dan jalan sehat yang merupakan keluarga besar TPKS telah dilepas oleh GM Terminal Peti Kemas Semarang, Udaranto PH pada hari minggu 28 Juni 2009, acara bersama pegawai dan mitra kerja merupakan puncak acara setelah beberapa waktu sebelumnya dilakukan aneka lomba bersama dengan para mitra kerja serta instansi terkait di Pelabuhan Tg Emas Semarang.
Saat Udaranto PH, GM TPKS melepas kegiatan jalan sehat.
Awal perjalanan ketika pelabuhan Semarang semakin berkembang pertumbuhan Handling Petikemas sehingga Manajemen Pelindo III memandang perlu untuk dibentuknya unit tersendiri pada tanggal 1 Juli 2000 dengan nama Cabang TPKS untuk dapat mengoptimalkan layanan Pelayanan serta mampu mendorong Profesionalisme para pegawainya. Jika melihat perkembangan Volume Petikemas pada Tahun 2000 sekitar 216.000 Teus hingga di Tahun 2008 telah mencapai 388.429 Teus, hal ini menunjukkan tekad TPKS yang maju terus serta didukung dengan aktivitas Hinterland di Jawa Tengah.
Menurut Udaranto PH, GM TPKS mengatakan bahwa Tema Sewindu TPKS :DENGAN KEBERSAMAAN KITA TINGKATKAN PELAYANAN PRIMA, serta komitmen di jajaran TPKS seperti ” MELAYANI BUKAN DILAYANI” , ”MENDORONG BUKAN MENGHAMBAT”, ” MEMPERMUDAH BUKAN MEMPERSULIT”, SEDERHANA BUKAN BERBELI-BELIT” DAN ”MEMPERCEPAT BUKAN KARENA PUNGLI” diharapkan para pegawai di TPKS akan siap dan mampu menghadapi perubahan serta benar-benar siap menjadi Terminal Operator yang Handal.
Menurut Iwan Sabatini, Kahumas Pelindo III, bahwa TPKS merupakan salah satu dari dua cabang di Pelindo III di Tahun 2008 telah mendapatkan Penghargaan Piala Pelayanan Prima dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia, yaitu dari hasil penilaian pelayanan publik dari sektor Pelayanan Petikemas. Cabang lainnya adalah Cabang Benoa- Bali, menjadi kebanggan Manajemen Pelindo III bahwa kedua cabang tersebut adalah Cabang wilayah Pelindo III dan satu-satunya Pelabuhan di Indonesia yang meraih Penghargaan Pelayanan Prima tersebut. Penghargaan ini merupakan acuan semangat dan perlu dipertahankan bahwa TPKS dan Cabang Benoa adalah Pelabuhan yang pelayanannnya bertaraf Internasional.
Dengan rencananya akan dibangunnya Akses Jalan Tol Solo – Semarang, diharapkan akan mempermudah dan memperlancar pengiriman barang dari dan ke Pelabuhan, hingga pertumbuhan expor impor akan berkembang lebih baik lagi, dimana Semarang adalah kota terbesar ketiga di Indonesia, sehingga peluang-peluang kedepan optmis akan terus meningkat, Dirgahayu ke-8 TPKS………dan Maju terus TPKS.
(Humas.Pelindo-III)