PRESS RELEASE :
PELINDO III TANJUNG PERAK DUDUK BERSAMA DENGAN PENGGUNA JASA UNTUK TINGKATKAN KINERJA DAN PRODUKTIVITAS
SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak mengajak duduk bersama Asosiasi pada awal minggu Januari 2012 di Ruang Rapat PPSA Pelabuhan Tanjung Perak. Hal tersebut dilakukan tak lain adalah untuk lebih memudahkan pelanggan dalam hal pelayanan. Dalam pertemuan tersebut I Putu Ariawan menegaskan bahwa sekecil apapun apabila terjadi permasalahan di lingkup Pelabuhan Tanjung Perak, pasti para pengguna jasa akan diundang untuk mendapatkan informasi terbaru.
Pada ajang pertemuan tersebut juga dimanfaatkan sebagai wadah keluhan pelanggan, GM Pelindo III Tanjung Perak memberi kesempatan kepada para pengguna jasa untuk menyampaikan segala keluhan. “Kalau ada uneg-uneg kami persilakan untuk disampaikan, nanti akan kita tampung sebagai perbaikan Pelindo III Tanjung Perak di tahun 2012 ini”, ungkap I Putu Ariawan kepada seluruh asosiasi yang hadir pada pertemuan tersebut.
I Putu Ariawan memberikan penjelasan terhadap keluhan-keluhan yang telah disampaikan oleh para pengguna jasa, diantaranya terkait dengan kedalaman kolam memang sudah dianggarkan di tahun 2011, tetapi terhambat pada proses tender, tender yang memenuhi syarat mengajukan penawaran 3 kali lipat dari biaya yang sudah dianggarkan, sehingga harus dilakukan tender ulang. Pada tahun 2012 sebesar 42 Miliar. Nantinya kedalaman kolam di Berlian Timur sedalam -10 LWS, Berlian Barat sampai dengan -9 LWS, Jamrud Selatan -9 LWS, Mirah sedalam -7 LWS, dan Nilam dengan kedalaman -9 LWS.
“Terkait dengan penambatan fasilitas untuk mempercepat proses bongkar muat, Pelindo III Cabang Tanjung Perak juga telah merencanakan investasi sebanyak 7 HMC (Harbour Mobile Crane), yang saat ini telah datang 1 unit, sedangkan 1 unit lagi direncanakan akan datang pada bulan Januari 2012, selanjutnya akan menyusul 5 unit lainnya akan datang sampai dengan bulan Mei 2012. Untuk tenaga pandu pun telah dilakukan perekrutan sebanyak 8 orang yang saat ini sedang melakukan praktek pandu di Pelabuhan Tanjung Perak selama 3 bulan”, tegas I Putu Ariawan menanggapi segala keluhan para pengguna jasa.
Hal serupa juga ditegaskan oleh Kabid Lala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Deny R Boy Mau, “Mengenai penggunaan dermaga yang kosong untuk 1 atau 2 shift, pasti akan saya masukan untuk kapal lain yang telah siap. Dermaga tidak boleh sampai kosong, lisan pun akan kami layani meski meeting akan dilakukan kemudian. Yang penting kegiatan bongkar muat tetap harus berlangsung”, tandasnya.
Direktur Operasional PT BJTI, Prayitno, juga memberikan jaminan kepada pengguna jasa, apabila pada proses pelayanan di Terminal Berlian mereka mengalami hambatan yang seharusnya tidak terjadi, mereka dapat langsung menghubunginya baik via telepon ataupun SMS, nantinya hal tersebut akan langsung diatasi semaksimal mungkin olehnya.
Senior Manager Pelayanan Terminal pada Direktorat Operasi dan Teknik PT Pelindo III, Eko Harijadi Budijanto, menyampaikan pula bahwa “Kami hanya ingin meningkatkan produktivitas, dan kami tidak akan menyerah untuk mewujudkannya. Kami terus berusaha mencoba bagaimana mengefisiensikan birokrasi. BJTI punya orang khusus yang melayani kapal, sehingga kami akan memanfaatkan itu di satu atap di PPSA. Kami pun juga akan lebih sering mengadakan shearing season untuk menampung segala keluhan pelanggan guna improvement Pelindo III. Apabila terdapat hambatan menyangkut pelayanan di terminal, silakan langsung hubungi Manager Terminal tersebut, jadi cukup keluhkan ke satu orang yang paling bertanggung jawab di tempat terkait”, ungkapnya dalam pertemuan tersebut.
Di akhir acara, GM Pelindo III Tanjung Perak juga menyampaikan bahwa akhir tahun 2013 pembangunan Terminal Multipurpose Teluk Lamong diprediksikan akan selesai, sehingga diharapkan nantinya Terminal Multipurpose Teluk Lamong akan mampu membantu mengurai kepadatan yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak. I Putu Ariawan juga menegaskan bahwa apabila ada yang ingin dikeluhkan pengguna jasa dapat langsung menghubungi pejabat yang bertanggung jawab di terminal tersebut.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Edi Priyanto
Humas PT Pelindo III (Persero)
Jl. Perak Timur 610 Surabaya
Telephone : 031 3298631-37 psw 3443
HP : 0811 280 566
Fax : 031 3282732
Email : [email protected]