PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero)
 
24 Juli 2009
PROYEK TELUK LAMONG TAHAP I TELAN Rp.400 M
24 Juli 2009
INVESTASI BUMN MELONJAK 18,75%
23 Juli 2009
INTEGRASI PELABUHAN PERLU HATI-HATI – KEK MARUNDA AGAR JADI PRIORITAS
23 Juli 2009
BLUE PRINT LOGISTIK FOKUS KE PENATAAN PELABUHAN
23 Juli 2009
BELANJA INVESTASI BUMN 2009 DIDUGA Rp.152 TRILIUN
22 Juli 2009
PELABUHAN ANCOL TIMUR DIBAHAS LAGI
22 Juli 2009
DEPALINDO GUGAT DEPHUB SOAL TALLY
22 Juli 2009
RI-SINGAPURA TERUSKAN KERJASAMA MARITIM
21 Juli 2009
SELURUH PELABUHAN TERAPKAN TALLY
21 Juli 2009
KONTRAK KAPAL ASING SEGERA DIUBAH – PENGGANTIAN BENDERA KAPAL TUNDA & TONGKANG DIDAHULUKAN
Berita Per Bulan:
  Lihat buku tamu
  Isi buku tamu
  QPR
  PPKB Online
  LINK TERKAIT:
  PELINDO I
  PELINDO II
  PELINDO IV
  DEPARTEMEN PERHUBUNGAN RI
  BUMN RI
  Jumlah pengunjung : 44706
  Pengunjung online : 10
  Corporate Secretary
PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero)
[email protected]
GAPKI MINTA PENAMBAHAN PELABUHAN EKSPOR CPO
Tanggal Kirim:29 Juni 09

JAKARTA. Sebagai salah satu negara penghasil crude palm oil (CPO) terbesar dunia, perkembangan industri kelapa sawit nasional belum begitu menggembirakan. Hal itu dapat dilihat dari kepemilikan kluster industri hilir kelapa sawit nasional secara sinergi seperti yang sudah dilakukan Malaysia. Jika dibandingkan, hingga saat ini Indonesia belum memiliki kluster industri kelapa sawit, sementara Malaysia sudah memiliki tiga kluster. 

Nah, untuk mewujudkannya, harus ada infrastruktur yang baik. Namun hingga saat ini persoalan infrastruktur masih menjadi masalah utama. Salah satunya yakni infrastruktur pelabuhan.

Hingga kini, Indonesia baru memiliki dua pelabuhan yaitu Belawan dan Dumai. Itu pun dengan kondisi yang sudah tidak memadai lagi mengingat sering mengalami permasalahan keterlambatan ketika melakukan pengiriman CPO.

“Perbaikan infrastruktur mutlak diperlukan jika ingin mengembangkan kluster industri hilir seperti insentif pajak, menyediakan infrastruktur yang sangat mendesak seperti pelabuhan. Selama ini pelabuhan ekspor di Belawan dan Dumai sudah overload. Akibatnya daya saing turun dibanding Malaysia,” ujar Joko Supriyono, Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) kepada KONTAN di sela-sela Workshop Pengembangan Kluster Industri Hilir Kelapa Sawit, di Hotel Grand Melia, Jakarta, Rabu (24/6) kemarin.

Joko menuturkan akibat fasilitas industri sawit yang masih buruk terjadi disparitas harga CPO untuk wilayah Barat dan Timur. “Disparitas harga sekitar Rp 300 per kilogram,” ujarnya. Menurutnya sekarang ini ada perubahan produksi CPO tidak lagi terfokus di Barat namun bergeser ke wilayah Timur. “Jadi tidak bisa mengandalkan pelabuhan di Dumai dan 
Belawan, sebab produksi kini bergeser ke wilayah timur. Di Kalimantan Timur harusnya ada pelabuhan agar harga CPO sama,” tegasnya.

Ia bilang selama ini sudah ada pembahasan dengan pemerintah terkait rencana revitalisasi pelabuhan, namun mandek akibat persoalan dana. “Rencananya memang ada 11 pelabuhan khusus untuk ekspor,” jelas Joko. Penambahan pelabuhan, lanjut Joko, makin diperlukan jika pemerintah menginginkan target produksi CPO mencapai 50 juta ton di tahun 2020.(dan)

Berita lain pada bulan ini:
1.PROYEK TELUK LAMONG TAHAP I TELAN Rp.400 M  (24 Juli 09)
2.INVESTASI BUMN MELONJAK 18,75%  (24 Juli 09)
3.INTEGRASI PELABUHAN PERLU HATI-HATI – KEK MARUNDA AGAR JADI PRIORITAS   (23 Juli 09)
4.BLUE PRINT LOGISTIK FOKUS KE PENATAAN PELABUHAN   (23 Juli 09)
5.BELANJA INVESTASI BUMN 2009 DIDUGA Rp.152 TRILIUN  (23 Juli 09)
6.PELABUHAN ANCOL TIMUR DIBAHAS LAGI   (22 Juli 09)
7.DEPALINDO GUGAT DEPHUB SOAL TALLY   (22 Juli 09)
8.RI-SINGAPURA TERUSKAN KERJASAMA MARITIM   (22 Juli 09)
9.SELURUH PELABUHAN TERAPKAN TALLY   (21 Juli 09)
10.KONTRAK KAPAL ASING SEGERA DIUBAH – PENGGANTIAN BENDERA KAPAL TUNDA & TONGKANG DIDAHULUKAN   (21 Juli 09)
11.ARUS BARANG STRATEGIS DI PRIOK TURUN 9%  (21 Juli 09)
12.DUNIA USAHA BUTUHKAN PEKERJA OUTSOURCING   (17 Juli 09)
13.DPR DESAk PERTUMBUHAN EKONOMI 7% – PNBP HARUS DIGENJOT  (17 Juli 09)
14.PENERAPAN CSR TIDAK HARUS KELUAR BIAYA ?   (17 Juli 09)
15.KONTRAK 3 KAPAL ASING LANGGAR AZAS CABOTAGE   (17 Juli 09)
16.MEMACU EKONOMI   (16 Juli 09)
17.EKSPOR IMPOR MOBIL MELALUI PRIOK ANJLOK 50%  (16 Juli 09)
18.ASING KUASAI PASAR PELAYARAN   (16 Juli 09)
19.PRIOK PASANG PENDETEKSI A-H1N1  (15 Juli 09)
20.PENGELOLAAN UTPK 2 PRIOK MASIH DIPERSOALKAN   (15 Juli 09)
21.PT. TPS TAMBAH ALAT   (15 Juli 09)
22.MASIH NGOTOT SOAL JASA KEPELABUHANAN   (14 Juli 09)
23.KAPAL BESAR BISA MASUK PELABUHAN TRISAKTI   (14 Juli 09)
24.DORONG PERCEPATAN BONGKAR MUAT BARANG   (14 Juli 09)
25.MAHALNYA PELAYANAN IMPOR DI PRIOK & SEBAIKNYA MENGGUNAKAN FULL CONTAINER LOAD   (13 Juli 09)
26.ARUS BARANG DI DERMAGA KONVENSIONAL PRIOK TURUN 11%  (13 Juli 09)
27.PENCALONAN DEWAN IMO AGAR DISIAPKAN SEJAK DINI   (13 Juli 09)
28.RI INCAR LAGI KEANGGOTAAN DEWAN IMO   (09 Juli 09)
29.PELINDO II SIAPKAN INVESTASI Rp. 1,2 T   (09 Juli 09)
30.PELINDO III DUKUNG SEMILOKA GURU  (07 Juli 09)
31.PELINDO III DALAM SURABAYA EXPO 2009   (07 Juli 09)
32.ASING DI PELAYARAN DIBATASI 49%   (07 Juli 09)
33.CONTRENG 8 JULI 2009, PELINDO II LIBURKAN KEGIATAN   (07 Juli 09)
34.TRANSPORTASI BELUM JADI PRIORITAS PROGRAM CAPRES-CAWAPRES   (07 Juli 09)
35.HARGA BAHAN BAKAR KAPAL NAIK 8%  (06 Juli 09)