Dalam rangka menyambut Penghargaan Citra Pelayanan Prima, yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, bersama Departemen Perhubungan khususnya sektor Transportasi atau perhubungan serta jajaran Propinsi, bahwa Pelindo III telah siap menampilkan unit kerjanya, dan berdasarkan penilaian atau seleksi internal dengan mengacu aturan atau format yang telah ditetapkan serta mencermati kenyataan kondisi dilapangan maka terpilih untuk layak ditampilkan dalam penilaian tersebut adalah TPKS untuk Pelabuhan terminal petikemas, PPSA Tg Perak untuk pelayanan dokumen satu atap serta Pelabuhan Benoa untuk terminal pelayanan penumpang.
Ketiga unit kerja tersebut telah menampilkan Visi-Misi, Janji Perusahaan dalam hal pelayanan serta Inovasi inovasi baru yang tela dilakukan dalam rangka meningkatkan level of service, intinya adalah service Excelent
Humas Pelindo III, Iwan Sabatini mengatakan, bahwa kesiapan ini bukan hal baru namun dari pantauan sejak lama ketiga Pelabuhan ini telah benar benar melakukan sesuai SOP masing-masing. tinggal dilakukan penyempurnaan ataupun kelengkapan terbaru. Masing masing Pelabuhan dalam paparannya tak ketinggalan meng informasikan aspek keamanan Pelabuhan baik system maupun kelengkapan keamanan telah lengkap tersedia, hal ini menunjukkan pelayanan ndi Pelabuhan rata-rata telah baik dan telah memenuhi ISPS Code yang berlaku. Sehingga aspek keamanan juga menjadi kebanggan semuanya.
Yang menarik adalah Pelabuhan Benoa-Bali, dimana terminal penumpang ini termasuk pintu gerbang Wisata Mancanegara khususnya wisata bahari dari dan ke Benoa dapat langsung menikmati perjalanan wisata menggunakan Kapal Cruise hingga ke Lombok, didalam ruang tunggu tersedia ruang VIP juga ruang tunggu biasa yang dilengkapi dengan E-Kios yaitu informasi-informasi wisata hanya tinggal memencet peralatan elekstronik yang bentuknya seperti mesin ATM, serta tanpa dipungut biaya dan kunjungan kapal wisata telah menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan, hal ini tentu semakin mendukung kegiatan Pariwisata di Bali, dengan demikian Benoa akan menjadi Turn Around Port.
Penilaian Pelayanan Prima juga dilakukan kepada instansi pemerintah, BUMD, BUMD secara keseluruhan, didalam menghadapi era persaingan bebas tentu hal ini menjadi indikator kesiapan unit kerja masing-masing, dalam hal Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi menjadi perhatian serius oleh Pemerintah, mengingat wilayah Indonesia yang merupakan kepulauan dan kelautan dimana sudah tentu Pelabuhan cukup banyak, tinggal bagaimana dapat memberikan semangat setiap Pelabuhan dapat mempunyai potensi mendukung keunggulan Hinterland masing-masing, Semoga dan semoga berhasil.
(Humas Pelindo III)