Bersama BNI, Pelindo III baru-baru ini mengeluarkan layanan yang diberi nama e-Port. Layanan ini merupakan layanan baru demi meningkatkan kualitas dari layanan pelabuhan dan semakin membuat layanan di pelabuhan menjadi lebih modern.
E-Port merupakan kartu yang dapat digunakan sebagai pembayaran di daerah pelabuhan yang berada pada wilayah wewenang dari Pelindo III. Ini sekaligus komitmen dari Pelindo III untuk membuat sistem yang lebih modern hingga diterapkan dalam pelabuhan.
BNI menjadi bank yang digandeng oleh Pelindo III untuk membuat sistem di pelabuhan ini. Bersama BNI, Pelindo III menandatangani nota kesepahaman atau MoU untuk kerja sama ini. Perwakilan Pelindo III dalam hal ini diwakilkan oleh U. Saefudin Noer yang bertindak sebagai Direktur Keuangan Pelindo III dan dari pihak BNI diwakilkan oleh Adi Sulistyowati yang merupakan Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan. Penandatanganan kerjasama kedua belah pihak ini dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.
Saefudin Noer menerangkan bahwa kerjasama antara kedua pihak ini sebagai bentuk nyata BUMN dalam memberi dukungan dalam menaikkan ekonomi nasional. Penerapan layanan perbankan yang modern sendiri membantu proses bisnis yang ada dalam pelabuhan wilayah Pelindo III.
Adi Sulistyowati menjelaskan tentang fungsi dari e-Port ini. E-Port sendiri adalah uang elektronik yang dapat digunakan dalam wilayah pelabuhan sehingga tidak perlu menggunakan uang cash lagi dalam pelayanan yang ada di pelabuhan sehingga mempercepat bisnis yang ada didalamnya.
BNI memberi nama Tap Cash pada layanan e-Port yang berlaku di pelabuhan Pelindo III ini. Sistem pembayaran yang akan digunakan ini pun dapat terintegrasi sehingga lebih terstruktur dengan baik.
Lebih lanjut Sulistyowati mengatakan dengan adanya e-Port ini, maka hal paling utama dapat dikurangi adalah antrian gerbang masuk. Dengan hanya menggunakan pembayaran melalui kartu, antrian yang terjadi karena pengembalian uang sistem cash dapat dikurangi.
Layanan seperti ini sudah lama diterapkan di jalan toll, sehingga para pengguna cukup menggunakan kartu untuk melakukan pembayaran. Tentu hal ini dapat membuat layanan pembayaran menjadi lebih hemat waktu ketimbang membayar dengan uang cash yang membutuhkan waktu untuk mengembalikan uang kembalian.