Pasar tanker minyak mentah yang secara historis buruk sedang berjuang untuk mendapatkan dukungan yang solid, BIMCO mengatakan dalam laporan terbarunya.
Penghasilan untuk perusahaan minyak mentah yang sangat besar pada semester pertama tahun 2018 adalah terendah di USD 6.001 per hari rata-rata, dengan tanker Suezmax berpenghasilan USD 10.908 per hari dan Aframax menghasilkan USD 9.614 per hari.
Semua ini adalah tingkat kerugian yang sangat besar untuk sebuah industri yang membutuhkan keseimbangan pasar fundamental yang jauh lebih baik untuk mengangkat tarif angkutan di atas tingkat impas ke wilayah yang menguntungkan, BIMCO menginformasikan.
“Setelah menikmati tahun 2015 yang sangat kuat yang melihat tingkat pengiriman tertinggi untuk kapal tanker minyak mentah dalam tujuh tahun, 2016 adalah langkah mundur, tetapi masih menghasilkan keuntungan. Karena armada kapal tanker minyak mentah terus tumbuh lebih cepat daripada permintaan pada tahun 2017, kerugian kembali ke industri, setelah tiga tahun yang menguntungkan. ”
“2018 telah benar-benar mengerikan bagi kapal tanker minyak mentah dengan tingkat pengiriman dan tingkat pemanfaatan armada jatuh ke rekor tingkat rendah,” kata Peter Sand, analis pengiriman utama BIMCO.
Total armada kapal tanker minyak mentah belum tumbuh sama sekali pada 2018. Armada VLCC dan Aframax secara khusus belum berkembang selama 12 bulan terakhir. Pasar barang sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan permintaan yang sangat lemah.
Pasar kargo kelebihan pasokan?
“Secara keseluruhan, pasar kargo kelebihan pasokan. Kunci untuk pendapatan yang lebih tinggi terletak pada pertumbuhan armada yang sangat rendah dan kembalinya ke tingkat permintaan yang dinormalisasi. Lebih cepat lebih baik – tetapi kesabaran diperlukan, ”jelas Sand.
Setengah tahun pertama tahun ini telah mengalami kemunduran yang sangat serius dibandingkan dengan tahun 2017. Penurunan yang mana perubahan fundamental jangka menengah saja tidak dapat dijelaskan, BIMCO mengatakan.
2018 diatur untuk menjadi satu lagi tahun yang merugi untuk industri tanker minyak mentah karena industri ini kemungkinan besar harus menunggu hingga paruh kedua 2019 sebelum keseimbangan pasar yang membaik akan kembali memberikan keuntungan.